Senin, 09 April 2012

ELVY SUKAESIH - RIZA UMAMI


Elvy Sukaesih  dan Riza Umami merupakan penyanyi yang sama-sama pernah menjadi Biduanita dari Soneta Group. Keduanya memiliki suara yang sangat merdu. Memiliki kemampuan olah vokal yang sangat baik. Vokal keduanya memiliki kemiripan sehingga terkadang fans dangdut (terutama bukan fans fanatik) sulit membedakannya. Tak salah kiranya jika Bang Haji menggantikan suara Umi Elvy dengan Riza Umami dalam soundtrack film Nada-Nada Rindu ketika Umi Elvy batal  menjadi pemeran utama wanita dalam film tersebut. Pemeran utama wanita tersebut digantikan oleh Camelia Malik.

Bagi saya pribadi, keduanya adalah Diva Dangdut Indonesia bak Lata Mangeshkar dan Asha Bhosle di India.  Gak percaya? Simak lagu berikut:


16 komentar:

  1. menurut saya kok yg nyanyi riza umami di album STF Nada Nada Rindu meskipun tulisan di kaset elvy sukaesih. saya sudah putar berulang kali yg versi "elvy" tp saya berpendapat itu suara riza umami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Vokal keduanya memiliki kemiripan sehingga terkadang fans dangdut (terutama bukan fans fanatik) sulit membedakannya"

      Berarti anda bukan fans fanatik dari salah satu atau kedua artis besar tersebut. karena menurutku, hanya fans fanatik saja yang bisa membedakannya. Coba perhatikan lebih jeli. simak di lagu jera. perbedaan yang cukup tajam pada pengucapan: Jera jera JERAAAAAAAAAAAA (Perhatikan di kata terakhir, nadanya beda, pasti akan terasa bedanya).

      Btw, Thanks dah mampir kesini........

      Hapus
  2. link untuk "riza umami - me ra & yu" ga bisa didownload om. kalo saya download di sumber lain maupun di film nya, sangat mirip dengan "elvy sukaesih - me ra & yu" punyanya om di atas.
    bedanya hanya di depan. kalo elvy dimulai dengan "hmm hmm hmm hmm hmm..." tp kalo riza dimulai dengan "na na na na na...."

    kira2 dulu mana ya yang menyanyi me ra & yu? elvy atau riza umami?
    o y om, saya sudah mengoleksi album2 rhoma vol 1-16 maupun album2 soundtrack film. tapi saya belum punya album2 lain dari rhoma selain itu, sebagai contoh album haram 1990.

    moga2 di kemudian hari blog ini bisa menyajikannya.makasihh banyak.

    BalasHapus
  3. Thanks atas infonya. link-nya akan segera diperbaiki.

    yg pasti lebih dulu Elvy Sukaesih karena soundtrack tsb untuk film nada2 rindu yg sedianya akan dibintangi oleh Elvy tapi kerena sesuatu dan lain hal Elvy berhalangan untuk membintanginya, maka peran tsb digantikan oleh Camelia Malik. Karena beberapa pertimbangan, maka Soundrack-nya pun diganti oleh suara Riza Umami.

    Blog ini tidak akan menampilkan sebuah album secara utuh. Beberapa lagu dalam album yg dimaksud, sudah di-upload di blog ini spt: Haram, Siapa, dan Piano

    Mudah2an anda puas dengan jawaban diatas. Thanks ya.........

    BalasHapus
  4. Link Mera & Yu - Riza Umami sudah dinaikkan bitrate nya. makasih om...
    dan ternyata suara elvy lebih empuk, lebih pas. sedangkan suara riza lebih powerful.
    sekarang tinggal menaikkan bitrate hatimu & hatiku - elvy dan juga deritaku deritamu - elvy.
    seandainya saja biduanita soneta hanya elvy........huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah........... ternyata anda penggemar berat Umi Elvy nee, he he he....

      OK, Lain waktu aku ubah. sabar ya............

      Hapus
  5. luar biasa blognya bang salut dah buat abang........ kalo bisa lagu yng baru2 juga dong bang....

    BalasHapus
  6. ad lagunya rita sugiarto yang musafir cinta dong bang... sama dayu ag yang divonis cinta... coz semua blog dah ku obrak-abrik pi lagunya gak ada bang,,,, thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan didownload melalui link berikut:
      http://www.4shared.com/mp3/NI2BPgG5/Musafir_Cinta_-_Rita_Sugiarto.html
      http://www.4shared.com/mp3/iWBoJVmi/Roy_Hanafi_-_DIVONIS_CINTA.html

      Hapus
  7. keduanya memang penyanyi berkualitas, zaman sekarang mana ada penyanyi bersuara bagus ky ummi elvy dan riza umami, suaranya memang mirip, tp msh jelas kelihatan beda tp sama2 kriting dgn cengkok khas masing2, suara ummi elvy lebih tebal dan berkarakter, dan cengkok riza umami betul2 susah ditiru, penempatan cengkok di kata2 yg sulit menjadi khas dn suara riza sdkt lbh tipis, sbg contoh di lagu jera bedanya ummi sm riza di kata2 "selalu menghantui jiwaku ini" cengkok riza di kata2 "ini" begitu sulit dan dibuat beda dgn versi ummi elvy. salut bgt buat keduanya, punya kualitas yg btl2 bagus, salut jg buat admin maju trs dgn koleksi yg lbh lengkap yaa, chayo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali....
      Thanks banget buat comment-nya

      Hapus
  8. Album STF Nada2 Rindu rilis pertama memang dinyanyikan oleh Elvy Sukaesih, namun karena terjadi permasalahan pada kontrak maka pada rilis berikutnya (termasuk dalam film) vocal Elvy S sudah diganti dengan Riza Umami....

    BalasHapus
  9. semua lagu2 nya kok ga bs di download mas?? padahal sy pingin bgt mendengarkan lagu2 tsb yg dinyanyikan Elvy Sukaesih & Riza Umami. Mohon agar link nya bs segra diperbaiki kembali. demikian harapan sy,,,tks sebelumnya.

    BalasHapus
  10. lagu Jera versi elvy sukaesih dengan versi riza umami banyak sih perbedaannya palagi pas bagian syair bagai diremas remas hancurnya jiwa versi elvy lebih menghayati bgt di syair itu kalau versi riza umami lebih mencengkok

    BalasHapus

Silakan tulis Saran, Kritik, atau komentar Anda! Terima kasih.