Minggu, 03 Maret 2013

INDIA - DANGDUT (4)



Musik India sangat mempengaruhi musik dangdut, terutama masalah digunakannya tabla dari musik India. Lalu untuk masalah cengkok serta harmonisasi musik, dangdut mendapatkan pengaruh besar dari musik India. Dominasi pengaruh lagu/musik india terhadap lagu dangdut memang tidak diragukan lagi. Dalam blog ini saja, sudah ada sekitar 100 lagu dangdut yang disadur dari lagu india.
Meski harus diakui, Musik india bukanlah satu-satunya yang mempengaruhi dangdut. Dangdut adalah musik yang terbuka,  Dangdut bisa menyerap berbagai pengaruh aliran musik di dunia dengan sangat baik.  Dari musik Pop, Jazz, Hip hop, R&B, Rock, Rap, Disco, Campur sari, Gambus, sampai  musik tradisional dari segala penjuru tanah airpun bisa berkolaborasi dengan Dangdut. Dangdut adalah musik yang unik. Dipadupadankan dengan musik apapun tetap terdengar enak.

Berikut ini kami postingkan kembali lagu-lagu dangdut saduran dari lagu Hindi. Sebagian besar adalah masukan dari pengunjung blog ini. On this occasion, I'd like say thanks a lot to all of you. Keep visiting and keep commenting on this blog!!



12 komentar:

  1. Maksum_1982@yahoo.co.id4 Maret 2013 pukul 15.20

    Terima kasih ya mas.....saduran dari lagu hindi telah dibuat linknya dalam blog ini. Sukses selalu, amin ya rabbal'alamin !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas Maksum. Terima kasih juga atas masukannya. Sukses jg untuk mas Maksum ..... :)

      Hapus
  2. SATU2NYA BLOG YG GA ADA TANDINGNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. He...he.. he... bisa aja Mas ini!
      Thanks ya.....dah mampir di blog ini.

      Hapus
  3. Klo lagu Beku dari Bang Haji Rhoma Irama ada gak versi indianya?
    Tahnk'x atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya sih itu lagu bukan saduran dari lagu india (cmiiw). Ada lagu beku versi Ida Laila yg merupakan saduran (lihat di 'identik'). Thanks dah berkunjung .......

      Hapus
  4. Blognya lain dari yg lain...!

    BalasHapus
  5. Maksum_1982@yahoo.co.id14 Maret 2013 pukul 09.29

    Sukses selalu ya mas !
    Mas saya penggemar lagu dangdut adaptasi dari lagu india, apalagi yang diproduksi oleh PT.Gentabuana Paramita, yang disiarkan di Indosiar, terutama FTV dangdutnya. Vokal Halisa Amalia dan Rayyan Syahid bagus banget yang menghiasi setiap lagunya, ya kalo di India seperti playback singer Alka Yagnik & Kumar sanu kwalitas suara mereka.Usul mas, buat dong ulasan tentang FTV Dangdut Indosiar beserta lagu-lagunya. Ma kasih ya mas !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya saat ini belum memiliki referensi yang cukup untuk mengulas lagu2 playback ftv dangdut genta buana tsb. Jadi, mohon maaf Mas, (untuk sementara ini)saya blm bisa mengulasnya. May be next time, kl sdh py cukup referensi, saya akan mengulasnya....!

      Terima kasih atas kesetiaan Mas Maksum mengunjungi blog ini....
      Sukses selalu!

      Hapus
  6. Maksum_1982@yahoo.co.id14 Maret 2013 pukul 13.28

    Oke mas... di tunggu ya ? hehehe..... sukses selalu buat pecinta blog Versus dangdut !

    BalasHapus
  7. "Kahe Toh Se Sajna" dari filmnya salman khan "Maine Pyar Kiya" lagu dangdutnya Bagai Disambar Petir oleh Ikke Nurjanah.

    BalasHapus

Silakan tulis Saran, Kritik, atau komentar Anda! Terima kasih.