Rabu, 11 April 2012

ELVY SUKAESIH - RITA SUGIARTO

Rita Sugiarto, penyanyi yang lahir tahun 1965 ini adalah seorang penyanyi pop yang kemudian bergabung dengan Soneta Group menggantikan posisi Elvy Sukaesih yang bersolo karier. Vokal Rita Sugiarto yang masih terasa agak kental warna popnya dapat kita jumpai pada album-album soneta pada masa awal  ia bergabung dengan Soneta.  Simak saja misalnya lagu ‘Kerinduan’ yang menurutku  ‘ngepop’ banget.

Kini, keduanya sudah tidak bergabung lagi dengan Soneta. Keduanya sukses bersolo karier.  selain tetap sebagai penyanyi, keduanya juga kerap menciptakan lagu. Kemampuan olah vokal keduanya tidak diragukan lagi, bahkan dijadikan ‘kiblat’ oleh para penyanyi dangdut generasi berikutnya.  
Beberapa lagu  yang  dinyanyikan oleh Elvy Sukaesih, baik ketika masih bergabung di Soneta maupun setelah tidak bergabung lagi dengan Soneta, juga dinyanyikan  oleh Rita Sugiarto. Tentu saja dengan ciri khas masing-masing. Berikut beberapa diantaranya:

5 komentar:

  1. lagu "malam terakhir" perlu disajikan disini kayaknya om

    BalasHapus
  2. Untuk usrusan goyang, Elvi Sukaesih menang. Tapi untuk urusan tenhnik dan warna vocal, Rita Sugiarto menang.

    Rita Sugiarto tetap produktif dgn lagu2 barunya yg menjadi Hits, sementara Elvi sudah jarang membuat album baru.

    Rita Sugiarto banyak menciptakan lagu yang menjadi hits, sementara Elvi jarang melakukannya. Rita Sugiarto masih sering show ke berbagai daerah, sementara Elvi jarang (mungkin krn mematoj harga yg tinggi).

    So suapa yang menang ? Jawabnya, masing-masing punya kelebihan masing2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor usia barangkali penyebab Umi Elvy tidak seproduktif Rita saat ini. Beda usia keduanya +/- 14 tahun lho....! Ketika Umi seusia Rita sekarang (akhir 80-an s/d era 90-an), beliau sangat produktif dan sangat aktif show ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke LN.

      Yup,setuju banget kalau keduanya memang mempunyai kelebihan masing2.

      Semoga saja beliau berdua masih diberi kesehatan oleh Allah sehingga kita masih bisa menikmati karya terbaru beliau berdua.

      Hapus
  3. rita adalah yang terbaik

    BalasHapus

Silakan tulis Saran, Kritik, atau komentar Anda! Terima kasih.